Kamis, 17 Maret 2011

Manfaat Sebenarnya Air Putih di Pagi Hari

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudahkah Anda membiasakan minum air putih setelah bangun pagi? Ketahuilah, tak hanya bisa mempercantik kulit, mengonsumsi air putih secara teratur bermanfaat membersihkan tubuh dari racun.

Minum air putih setelah bangun tidur bermanfaat bagi kesehatan. Menurut Samuel Oetoro, Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, saat tidur tubuh mengeluarkan banyak air atau terjadi penguapan.

“Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri dari air. Air dalam tubuh digunakan oleh organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja saat tidur, termasuk otak, jantung dan ginjal. Maka setelah bangun tidur, dianjurkan minum air putih,” kata dr Samuel di Jakarta, Rabu (16/3).

Saat tidur metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel, akan ada air yang terbuang. Konsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Jika tidak mengonsumsi air setelah bangun tidur, tubuh juga bisa kekurangan mineral yang bisa mengganggu kesehatan. “Cukup satu gelas setelah bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk tubuh,” kata Samuel.

Tak hanya setelah bangun tidur, minum air putih juga disarankan sebelum tidur. Namun sebaiknya konsumsi air putih sebelum tidur ini tak berlebihan karena bisa membebani Anda karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil termasuk juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar