Senin, 01 November 2010

Internet 3G Jangkau Puncak Tertinggi di Dunia

Nepal - Dari puncak tertinggi di dunia, para pendaki gunung kini tetap bisa main Facebook atau Twitter. Ya, sebuah perusahaan telekomunikasi mengklaim sukses meluncurkan layanan internet 3G di puncak Mount Everest, gunung tertinggi sejagat yang berlokasi di Nepal.

Ncell, perusahaan telekomunikasi milik vendor Swedia, TeliaSonera, memaparkan jaringan 3G tersebut didirikan pada ketinggian 5.200 meter. Diklaim, layanan telekomunikasi bisa dinikmati sampai puncak gunung di ketinggian 8.848 meter.

Dikutip detikINET dari NYDailyNews, Senin (1/11/2010), akan ada tujuh buah base station di region tersebut untuk memastikan layanan internet kecepatan tinggi berjalan lancar dan merata.

"Kami telah melakukan video call dari tempat tertinggi di base camp pendaki Mount Everest," ucap Oasi Kostinen, pimpinan Ncell.

Sebelum ada layanan 3G, para pendaki harus memakai peralatan satelit yang berat jika ingin melakukan telekomunikasi dari ketinggian Everest. Mereka hanya dapat menelepon saja via jaringan China Telecom, namun tak bisa mengakses internet.

Kehadiran 3G di puncak Everest pun disambut girang. Ang Tshering Sherpa dari International Mountain Protection Commission menyatakan layanan ini memudahkan pendaki berkomunikasi dengan sesama pendaki ataupun dengan keluarga.

"Layanan ini juga akan membantu jika misalnya terjadi suatu kecelakaan, " tukas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar