Sabtu, 25 September 2010

Fakta Terbaru, Kapal Titanic Salah Tafsir Perintah Sehingga Tenggelam

Kapal legendaris Titanic diyakini tenggelam karena awaknya tidak melihat gunung es di depannya. Mereka berlayar terlalu cepat dan gagal menghindari gunung es, hingga akhirnya menabrak dan tenggelam.



Sebuah buku baru berjudul Good as Gold, mengungkapkan fakta terbaru, pengemudi dan awak kapal dipercaya melihat gunung es tersebut. Namun karena panik mereka salah menafsirkan perintah.

Menurut buku itu, kapal punya banyak waktu untuk melewati gunung es tapi juru mudi panik. Pada saat kerusakan tersebut telah diperbaiki, sudah sangat terlambat dan sisi kapal itu dengan fatal tertabrak oleh gunung es.


Bahkan kemudian para penumpang dan awak bisa diselamatkan jika tetap tinggal di kapal dan bukannya terus berlayar yang menyebabkan air masuk ke dalam lambung yang robek.



Pemberitahuan, yang keluar hampir 100 tahun setelah bencana, dirahasiakan sampai sekarang oleh keluarga petugas paling senior yang selamat dari tragedi itu.



Petugas bernama Charles Lightoller itu menutupi kesalahan tersebut karena ia khawatir pemilik kapal akan bangkrut dan membuat rekan-rekannya kehilangan pekerjaan.



Sejak kematiannya, hal ini ia sembunyikan karena ia takut akan merusak reputasinya.



Tapi sekarang cucunya penulis Lady (Louise) Patten telah mengungkapkan hal itu dalam novel barunya. "Bila hanya membuat lebih tragis," katanya. "Mereka dengan mudah bisa menghindari gunung es jika bukan karena blunder itu."



Kesalahan pada pelayaran kapal perdana dari Southampton, Inggris menuju New York pada tahun 1912 itu terjadi karena pada waktu itu dunia pelayaran mengalami pergantian besar karena konversi dari kapal layar ke kapal uap.



Perubahan ini berarti ada dua sistem kemudi yang berbeda dan perintah yang berbeda pula. Beberapa awak kapal Titanic terbiasa menggunakan "Tiller Order" sistem yang dipakai oleh kapal layat. Sementara Titanic menggunakan Rudder. Gawatnya, kedua sistem kemudi adalah berlawanan satu sama lain.



Jadi perintah untuk "hard a starboard" berarti memutar ke kanan sistem Tiller sedangkan artinya kiri bagi sistem Rudder.



Ketika Petugas utama William Murdoch melihat gunung es dua mil jauhnya, perintahnya disalahartikan oleh Juru kemudi Robert Hitchins. Dia membelokkan kapal ke kanan bukannya kiri dan, meskipun ia segera memperbaikinya sudah terlambat, sisi kanan robek oleh gunung es.



"Pengemudi panik, dan alasan sebenarnya mengapa Titanic menabrak gunung es, yang belum pernah menemui titik terang sebelumnya, adalah karena ia memutar kemudi ke arah yang salah," kata Lady Patten yang merupakan istri mantan Menteri Pendidikan Tory, Lord (John) Patten.



Sementara itu, kakeknya, Lightoller tidak melihat saat tabrakan terjadi, bukunya Good as Gold mengungkapkan bahwa pertemuan akhir dramatis dari empat perwira senior terjadi di kabin pejabat utama tak lama sebelum kapal Titanic tenggelam. Di sana, Lightoller tidak hanya mendengar tentang kesalahan fatal, tetapi juga apa yang terjadi berikutnya, di atas anjungan.

Sementara Hitchins telah membuat kesalahan sederhana, apa yang menyusulnya adalah keputusan yang disengaja. Bruce Ismay, pemilik Titanic, White Star Line, membujuk Kapten untuk terus berlayar. Selama sepuluh menit, Titanic berlayar perlahan melalui laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar